Sistem Pelumasan Dalam Mesin Mobil

Diposting oleh naning rachma toyota liek motor on Jumat, 01 Juni 2012

Perawatan

Sistem Pelumasan Dalam Mesin Mobil

Liek Toyota Surabaya – Mesin Mobil. Mesin mobil adalah suatu komponen mobil yang terdiri dari bagian-bagian logam yang bergerak dan fungsinya saling berhubungan satu sama lain. Gerakan bagian-bagian logam tersebut yang lama-kelamaan akan aus sehingga mesin mobil memerlukan suatu sistem pelumasan yang berfungsi untuk mendistribusikan cairan pelumas atau oli ke bagian-bagian yang bergesekan tersebut.

Sistem Pelumasan Dalam Mesin Mobil | Bengkel Resmi Toyota Surabaya

Komponen-komponen Sistem Pelumasan :
Oil Pressure Switch

Suatu komponen yang berfungsi sebagai switch yang mengaktifkan lampu peringatan bila tekanan oli tidak tercukupi pada saat mesin mobil dinyalakan.
Oil Pump
Suatu komponen yang berfungsi untuk menarik oli yang berada di Oil Pump dan memompa oli tersebut ke seluruh bagian mesin mobil.
Relief Valve
Komponen ini bekerja untuk membebaskan tekanan pada saat Oil Pump mempunyai tekanan yang berlebihan.
Oil Strainer
Komponen yang berupa saringan oli dan terpasang di saluran masuk oli untuk memisahkan partikel yang besar dari oli.
Oil Filter
Komponen ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang tidak diinginkan dari oli mesin yang secara bertahap akan terkontaminasi dengan kotoran besi dan lainnya.
Sistem pelumasan pada mesin mobil mempunyai fungsi sebagai :
  1. Cairan pelumas yang membentuk minyak film  untuk melapisi komponen-komponen logam  yang bergerak dan bergesekan sehingga dapat mencegah keausan.
  2. Pendingin pada komponen-komponen yang bergerak dan menghasilkan panas dari gesekan dua benda tersebut.
  3. Pembersih Kotoran yang dihasilkan dari  gesekan komponen-komponen logam.
  4. Perapat yaitu dengan menghasilkan sebuah seal (penyekat) sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran gas (blow by gas) antara piston dan dinding silinder.
  5. Pencegah karat pada komponen-komponen logam.
Toyota sendiri selalu memperhatikan pelayanan dan kepuasan terhadap pelanggannya maka memberikan kemudahan dengan meluncurkan produk oli yang bernama Toyota Genuine Motor Oil (TGMO) Mineral Oil dan TGMO Synthetic. Toyota memberikan program subsidi gratis oli TMO sintetik 2 liter pada saat servis berkala di atas 50.000 Km. Program ini berlaku mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Desember 2012
Anda harus mengenali karakter mobil anda ketika butuh perawatan seperti adanya suara-suara aneh pada mesin mobil anda, tarikan yang menurun, hal ini dapat sebagai tanda saatnya oli mobil harus diganti. Apabila anda rutin melakukan perawatan mobil di bengkel langganan anda maka akan ada rekomendasi jadwal jarak tempuh tertentu untuk penggantian kembali oli mesin mobil anda.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar